SELAMAT DATANG!

Selamat Membaca!

Kamis, 06 April 2017

Kesalahan-kesalahan Fatal Siswa Saat Memilih PTN



Kesalahan-kesalahan Fatal Siswa Saat Memilih PTN



Halo kawan...
Kali ini mimin mau curhat dikit mengenai fenomena di sekitar mimin saat ini. Jadi, sekarang nih lagi musim anak SMA/K berburu perguruan tinggi negeri (PTN). Nah, karena itu mimin mau kasih beberap gambaran umum kesalahan di TKP. Yuk simak!

1. Memilih Prodi dan PTN Terlalu Tinggi Tanpa Pertimbangan (Khususnya SNMPTN)
Nah, buat yang pertama pasti banyak siswa yang milih jurusan dan PTN terlalu tinggi karena kemudahan sistem SNMPTN yang menggunakan seleksi tanpa tes tertulis. Karena kemudahan inilah mereka berupaya mengambil setinggi mungkin sesuai minat dan ambisi mereka. Padahal seharusnya mereka harus tetap mempertimbangkan nilai rapor dan UN mereka yang digunakan sebagai acuan seleksi SNMPTN. Dulu mimin juga sempet kayak gini, dan alhasil gagal deh di SNMPTN.

2. Memilih Jalur Aman di SBMPTN
Maksudnya, setelah mereka gagal di SNMPTN, mereka mulai berpikir untuk menurunkan target. Padahal di SBMPTN yang berupa tes tertulis ini lebih membuka kesempatan lebih luas. Karena pada dasarnya kita masih bisa berjuang untuk meraih target jurusan yang kita inginkan di sini. Yang terpenting usaha yang lebih getol dibarengi do'a yang selalu dipanjatkan. Semua bisa saja terjadi, termasuk keajaiban dan ridha-Nya. Jangan patah semangat di SBMPTN hanya karena gagal SNMPTN. Jangan nantinya menyesal karena salah jurusan dan minat.So,  Keep Fighting!!!
3. Memilih Jurusan Asal-asalan di Ujian Mandiri (UM)
Mungkin bagi kalian yang udah gagal di dua jalur awal merasa shok dan down seketika. Hampir tidak ada lagi niat untuk melanjutkan perjuangan demi PTN tujuan. Sehingga menumbuhkan pemikiran "Pilih saja yang paling sedikit peminatnya, apapun prodinya". pemikiran seperti ini akan berdampak besar pada kelanjutan kalian di PTN nantinya. Kalian bisa saja putus semangat karena salah jurusan, bahkan stress jika memang tidak kuat menahan beban pikiran yang tidak siap dihadapi. So, hilangkan pemikiran demikian jika ingin menikmati masa kuliahmu nanti. Hehehe...
4. Ikut-ikut Gengsi dan Minat Temen
Ini juga bisa membuat kalian merasa rugi nantinya. Kalian akan terkena imbas yang namanya penyakit sosial mahasiswa, yaitu SALAH JURUSAN. Masa-masa kuliah kalian akan membosankan dan tanpa motivasi apapun. Kalian akan males-malesan dan sering bolos makul. Akhirnya dapet IP/IPK jelek dan tadaaa... gagal.
5. Salah Persepsi
Mimin masih sering menjumpai kasus-kasus dimana cewek milih jurusan teknik informatika cuman gara-gara mapel TIK di SMA yang keliahatan mudah. Padahal kedua subjek tersebut sangat berbeda kajiannya. Miris dengernya sih, tapi gak tega kalo gak diingetin. So, sebelum menentukan pilihan kalian bisa browsing mengenai jurusan yang akan kalian pilih agar dapat memberikan sedikit gambaran mengenai apa yang akan dipelajari nantinya.
Well....sekian dari mimin untuk curhatan kali ini. Semoga bermanfaat untuk kalian yang membaca dan mungkin buat kalian yang menemui kasus seperti ini bakalan mengangguk-ngangguk.Karena memang fenomena ini sangat sering dijumpai saat masa-masa seperti ini. So, jadilah calon mahasiswa yang cerdas ya. Hehehe.... See you!

Jangan Lupa Klik Like FP Mimin Gubug Lumin

0 komentar:

Posting Komentar

Last Day at Rumah Dharma

Hey ho mina-san Nice to see you in my blog again. Well, sad moment for me. It was the last day of our practice at Rumah Dharm...